Ahli Gizi Online

JAUHI FAST FOOD UNTUK MENGGENGGAM HEALTHY LIFESTYLE

Posted on: 17 Juni 2015

Penyusun : Wiwik Widayati (Mahasiswa Gizi Alma Ata)

Saat ini banyak perusahaan menengah ke atas mendirikan berbagai rumah makan fast food seperti dengan menggunakan nama-nama yang mirip dan harga yang sangat terjangkau, sehingga dapat menarik perhatian orang awam yang tidak mengetahui dampak mengenai fast food. Fast food adalah makanan cepat saji yang sering dipilih karena mudah sekali dijumpai.

Kandungan pada salah satu jenis fast food, yaitu fried chicken, pada 100 gram fried chicken mengandung energi 298 kkal, protein 37.4 gram, lemak 16.8 gram, karbohidrat 0.1 gram dan serat 0 gram. Sedangkan kebutuhan gizi yaitu energi hanyalah 2100 kkal, protein 10-15% dari total energi, lemak 10-25% dari total energi dan karbohidrat 60-75% dari total energi. Coba Anda bayangkan bila perhari mengkonsumsi sampai 2 kali, Sudah berapa energi, lemak, protein yang tubuh Anda dapatkan, belum dengan konsumsi makanan lain yang juga mengandung banyak energi, lemak dan protein. Bukankah sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Adapun dampak negatif fast food , yaitu obesitas atau kelebihan berat badan karena tingginya kandungan lemak, energi dan protein yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh, dampak lain fast food adalah memicu serangan jantung karena kandungan kolesterol yang tinggi pada makanan fast food dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah, Pembuluh darah yang tersumbat akan membuat aliran darah tidak lancar yang dapat mengakibatkan terjadinya serangan jantung koroner, dapat juga terjadi konstipasi atau susah buang air besar karena rendahnya kandungan serat di dalam fast food. Selain itu fast food juga, mengandung zat aditif yang dapat membuat Anda ketagihan dan merangsang Anda untuk ingin terus memakannya sesering mungkin. Hal ini terkadang membuat Anda mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Hindari kebiasaan ini dengan mengganti makanan fasfood Anda dengan makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan, sayuran segar dan imbangi juga dengan olahraga secara teratur minimal 2 kali dalam seminggu.

Maka dari itu, mulai dari sekarang Jauhi fast food dan genggam healthy lifestyle untuk menaikkan derajat kesehatan pada diri Anda. Healthy Lifestyle adalah gaya hidup sehat yang merupakan jalan utama untuk menjauhi berbagai risiko kesehatan yang mangancam diri Anda. Pelajari dan terapkan apa itu Healthy Lifestyle, Untuk apa makanan enak dan terjangkau tetapi mengancam kesehatan Anda? Mulailah menjadi konsumen yang cerdas !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 88,671 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya

Juni 2015
S S R K J S M
« Apr   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Komentar Terbaru

hrd di Lowongan Nutritionist WRP Diet…
Andi Musdalifa Tenri… di Lowongan Nutritionist Euromedi…
%d blogger menyukai ini: