Ahli Gizi Online

STIKES Alma Ata Bekerjasama Dengan The Johns Hopkins University, USA Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Posted on: 18 Januari 2013

DSC06336

Sebagai Perguruan Tinggi yang berkomitmen untuk terus meningkatkan  mutu dan layanan pendidikan, Alma Ata Yogyakarta terus berinovasi mengadakan pengembangan di bidang akademik. Salah satu langkah strategis yang dilakukan untuk terus  mengembangkan diri di bidang akademik adalah mengadakan pengembangan kurikulum secara berkesinambungan, melakukan benchmarking serta merintis kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi yang mempunyai reputasi Internasional baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam kurun waktu kurang lebih dua minggu terakhir ini, Alma Ata kembali melakukan kerjasama dengan universitas ternama di luar negeri, dan kali ini kerjasamanya lebih difokuskan dalam bidang pengembangan kurikulum Ilmu Gizi dengan menggandeng salah satu Konsultan dari   The Johns Hopkins University (JHU), Amerika Serikat.

Adalah Katherine Tomaino, RD yang datang ke Alma Ata sejak  30 Desember 2012 yang lalu, untuk menjadi konsultan pengembangan kurikulum Prodi S1 Ilmu Gizi STIKES Alma Ata Yogyakarta. Kurikulum pendidikan S1 Gizi yang menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dan telah diterapkan pada semester ganjil ini direview oleh Ms Katy sapaan dari Katherine Tomaino dan dibandingkan dengan kurikulum pendidikan Ditisien di Amerika Serikat. Menurut Ibu Winda Irwanti, S.Gz, MPH, Kaprodi S1 Ilmu Gizi STIKES Alma Ata, berdasarkan review yang dilakukan oleh Ms Katy, 80% dari substansi kurikulum pendidikan S1 Ilmu Gizi STIKEs Alma Ata telah sama dengan kurikulum pendidikan Dietisien di Amerika Serikat. Untuk penyempurnaan kurikulum, Ms Katy telah merekomendasikan beberapa hal yang terkait dengan struktur kurikulum, sequence blok-blok mata kuliah, dan masukan-masukan untuk pengembangan blok-blok mata kuliah elective.  Dihubungi secara terpisah, Prof. Dr. Hamam Hadi, Ketua Asosiasi Pendidikan Ilmu Gizi Indonesia (AIPGI), merasa senang dan bangga bahwa Alma Ata telah menjadi pioner dalam pengembangan dan penerapan kurikulum pendidikan Ilmu Gizi berbasis kompetensi dengan metode PBL di Indonesia. Dengan mengundang konsultan dari The Johns Hopkins University, Mariland, USA, untuk pengembangan kurikulum Ilmu Gizi saya kira sangat tepat, karena kurikulum pendidikan Ilmu Gizi di Indonesia yang dikembangkan sejak tahun 1998-an pada dasarnya dikembangkan dengan mengacu kepada kurikulum American Dietitian Association (ADA), sambung Prof. Dr. Hamam Hadi.

Selain membantu pengembangan kurikulum pendidikan, Ms Katy selama di Alma Ata juga ditugaskan oleh JHU untuk membantu percepatan proses aplikasi dan admisi beberapa dosen Alma Ata yang berminat melanjutkan studi S2/ S3 di USA khususnya di JHU. Selama di Alma Ata, Ms Katy juga  menyempatkan ikut obeservasi kelapangan mengikuti dosen-dosen Alma Ata yang sedang melaksanakan penelitian tentang obesitas di Yogyakarta. (Prodi S1 Ilmu Gizi Alma Ata/Nurul Humas)

sumber :

http://stikes.almaata.ac.id/open_article.php?id_artikel=328&id_kat=4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 89,091 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya

Januari 2013
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Komentar Terbaru

hrd di Lowongan Nutritionist WRP Diet…
Andi Musdalifa Tenri… di Lowongan Nutritionist Euromedi…
%d blogger menyukai ini: