Ahli Gizi Online

INTERVIEW PAUL WEBSTER DI ALMA ATA: Prevalensi Stunting Dan Obesitas Di Indonesia

Posted on: 21 November 2012

 

Selasa, 9 Oktober 2012 STIKES Alma Ata Yogyakarta menerima kunjungan dari  Paul C. Webster Jurnalis Independen dan Film Director asal Toronto Kanada yang selama ini concern dalam permasalahan politik, sains, dan  bisnis dan telah melakukan peliputan di 21 negara di dunia sejak tahun 1992.

Kunjungan Paul Webster ke Alma Ata pada kesempatan kali ini bertujuan untuk melakukan interview dengan Prof. Dr. H. Hamam Hadi MS., Sc., D. selaku Ketua STIKES Alma Ata dan salah satu ahli gizi Indonesia mengenai profil gizi terutama mengenai prevalensi kerdil (stunting) dan obesitas (kegemukan) di Indonesia.

Dalam Keterangannya Prof . Hamam Hadi menjelaskan bahwa salah satu penyebab obesitas yang terjadi di Indonesia adalah gaya hidup atau lifestyle yang diterapkan oleh masyarakat, seperti sangat minimnya aktifitas, kemudahan transportasi, serta kesempatan bekerja yang sedikit diperoleh masyarakat. Berkembangnya jumlah restoran cepat saji, kurangnya akses untuk membeli bahan makanan sehat yang murah serta, minimnya iklan makanan dan minuman sehat yang ditujukan untuk anak-anak juga merupakan salah satu penyebab tingginya prevalensi overweight dan obesitas di negara berkembang khususnya Indonesia.

Selain memberi keterangan tentang overweight dan Obesitas, Prof. Hamam Hadi juga membahas Prevalensi Stunting (Kerdil) yang ada di Indonesia. Menurutnya stunting adalah keterbatasan pertumbuhan yang terjadi pada anak, yang merupakan efek komulatif dari kurangnya asupan makanan yang memadai dan kondisi kesehatan buruk akibat kemiskinan yang melanda. Hasil penelitian terbaru mengemukakan bahwa anak-anak dengan stunting pada awal-awal usia kehidupannya cenderung lebih berresiko untuk mengalami obesitas pada usia dewasa.  Enam bulan silam di Queensland University dipaparkan bahwa prevalensi kelebihan berat badan atau overweight tertinggi adalah di daerah sub urban. Penjelasan terbaik mengenai hal tersebut adalah karena daerah sub urban merupakan daerah dengan prevalensi stunting yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah urban.

Di Indonesia sendiri jumlah anak-anak dengan stunting di 7 provinsi termasuk diantaranya NTT dan NTB tergolong tinggi. Hal tersebut terkait dengan keadaan saat kehamilan dan kurangnya asupan gizi. Sementara itu implikasi ledakan jumlah obesitas di Indonesia lebih membahayakan daripada negara lain. Sedangkan bahaya yang mengintai dari obesitas adalah munculnya penyakit-penyakit seperti penyakit jantung,hipertensi dan hiper- kolesterol.

Berkaitan dengan hal di Atas Program Studi Ilmu Gizi STIKES Alma Ata Yogyakarta juga sedang melaksanakan penelitian mengenai Paparan Iklan Makanan, Pola Konsumsi Junk Food, Aktivitas Fisik, Pola Menonton TV, Pola Tidur, Persepsi Ibu Tentang Obesogenic Food Sebagai Faktor Resiko Terjadinya Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar Kota Dan Desa
Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian tersebut nantinya akan diadakan pada 35 Sekolah Dasar yang tersebar di seluruh Wilayah DIY yang dipilih secara random atau acak.

Kunjungan Paul Webster ke Alma Ata diakhiri dengan kunjungan ke lokasi penelitian di SD Vidya Qasana Yogyakarta. Sebagai jurnalis yang karya-karyanya telah muncul diberbagai media serta tayangan seperti BBC, Discovery, serta surat kabar lain lintas Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dan Swiss kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menggali lebih dalam jalannya proses penelitian yang sedang dilakukan oleh Prodi S1 Ilmu Gizi Alma Ata. (Nurul/Humas)

 

sumber : http://stikes.almaata.ac.id/pageNotMU.php?id_artikel=289&id_kat=4

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 88,671 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya

November 2012
S S R K J S M
« Okt   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Komentar Terbaru

hrd di Lowongan Nutritionist WRP Diet…
Andi Musdalifa Tenri… di Lowongan Nutritionist Euromedi…
%d blogger menyukai ini: