Ahli Gizi Online

Bagaimana Susu Dapat Menurunkan Berat Badan?

Posted on: 29 Januari 2012

Susu biasanya dianggap sebagai minuman yang dihindari karena adanya kekhawatiran akan adanya penambahan berat badan. Sebagian kalangan memulai diet untuk penurunan berat badan dengan menghindari susu. Namun, ternyata dibalik rasa nya yang lezat, susu memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat susu adalah untuk menurunkan berat badan. Lalu bagaimana susu dapat menurunkan berat badan?

Penelitian terbaru mengatakan bahwa susu yang dapat menurunkan berat badan yaitu susu dengan kandungan lemak yang rendah dan tinggi kalsium. Susu kaya akan kalsium yang lebih mudah diserap tubuh. saat kebutuhan kalsium terpenuhi dengan baik, kemampuan metabolisme tubuh untuk membakar lemak (lipolisis) menjadi lebih cepat. Sebaliknya konsumsi kalsium yang minim akan merangsang penimbunan lemak dan mempengaruhi fungsi hormone parathyroid yang memicu rasa lapar.

Sebuah studi yang melibatkan 32 orang dewasa yang diacak kemudian mendapatkan treatment yang berbeda yaitu diet rendah kalori dengan 400-500 mg kalsium, diet rendah kalori dengan 800mg kalsium, dan diet susu tinggi kalsium 1200-1300 mg. Dalam waktu 24 minggu, subjek dengan diet susu tinggi kalsium mengalami penurunan badan lebih banyak dibandingkan subjek yang mendapat treatment lain.

Data epidemiologis dan uji klinis baru-baru ini juga menunjukkan bahwa diet olahan susu sebanyak 3 porsi per hari akan  menyebabkan terjadinya pengurangan  massa jaringan lemak pada penderita obesitas meskipun tanpa adanya diet rendah kalori.

Selain itu, kalsium pada produk susu juga lebih efektif dibandingkan kalsium yang berasal dari suplemen makanan. Penelitian menunjukan salah satu komponen pada susu yaitu whey protein berperan dalam menyediakan zat bioaktif yang dapat bekerja secara sinergis dengan kalsium untuk mengubah metabolisme lemak.

Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan diperlukan upaya diet rendah kalori dengan penambahan konsumsi susu/produk susu 2 gelas per hari secara rutin untuk mendapatkan efek penurunan berat badan yang nyata. Namun, tidak semua orang mendapatkan efek penurunan berat badan yang sama karena kondisi metabolisme tiap individu berbeda-beda begitupun dengan faktor lain terkait berat badan.

Sumber :

  1. http://new.goodhealth.co.id
  2. http://thermogenesis.org/
  3. Zemel, Michael B. Role of calcium and dairy products in energy partitioning and weight Management. American Journal of Clinical Nutrition 2004;79(suppl):907S–12S

2 Tanggapan to "Bagaimana Susu Dapat Menurunkan Berat Badan?"

Blog-nya bagus bu.. 🙂
punya cita2 bwt blog tentang gizi juga, makasih inspirasinya ^_^

iya sama2,,,ayo smangat,,bikin blog,,,tuangkan ilmu dalam blog,,^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 88,671 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya

Januari 2012
S S R K J S M
    Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Komentar Terbaru

hrd di Lowongan Nutritionist WRP Diet…
Andi Musdalifa Tenri… di Lowongan Nutritionist Euromedi…
%d blogger menyukai ini: