Ahli Gizi Online

Kafein pada Kopi Dapat Memicu Penyempitan Pembuluh Darah

Posted on: 27 Januari 2012

Kopi merupakan minuman yang digemari masyarakat karena manfaatnya yang dapat mengatasi kelelahan, meningkatkan konsentrasi dan menggembirakan suasana hati karena di kopi terdapat efek stimulant ringan. Namun, tahukan anda bahwa selain memberikan banyak manfaat, kopi juga dapat berefek negatif pada kesehatan seseorang. Salah satu zat yang terdapat dalam kopi yang berefek negatif terhadap kesehatan yaitu kafein.

Kafein dalam Kopi

Kafein merupakan zat yang terdapat di dalam daun, biji, dan buah dari sekitar 60 jenis tanaman, termasuk kopi. Makanan atau minuman yang memakai bahan dari tanaman tersebut dengan sendirinya mengandung kafein.

Kafein sering ditambahkan ke dalam makanan atau minuman untuk meningkatkan aroma. Kopi robusta mengandung lebih banyak kafein dibandingkan kopi arabika. Selain itu, secangkir kopi espresso mengandung kafein lebih banyak dibandingkan kopi biasa karena memakai bahan kopi lebih banyak.

Tekanan Darah (Hipertensi)

Hipertensi merupakan pembunuh diam-diam karena penyakit ini tanpa dibarengi tanda atau gejala yang memperingatkan akan adanya masalah. Kita dapat menderita hipertensi selama bertahun-tahun tanpa kita sadari. Tanda dan gejala yang khas tidak akan timbul sampai pada taraf hipertensi. Jika dibiarkan tidak diobati, hipertensi dapat merusak banyak organ dan jaringan tubuh. Tempat-tempat utama yang paling dipengaruhi hipertensi adalah pembuluh arteri, jantung, otak, ginjal, dan mata.

 

Efek Kafein terhadap Hipertensi

Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi kafein secara teratur sepanjang hari mempunyai tekanan darah rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Konsumsi kopi lebih dari dua cangkir (200-250 mg kafein) terbukti meningkatkan tekanan sistolik sebesar 3-14 mmHg dan tekanan diastolik sebesar 4-13 mmHg pada orang yang tidak mempunyai hipertensi.

Kafein dapat membuat pembuluh darah menyempit yang diakibatkan karena efek kafein yang memblokir adenosin yaitu hormon yang menjaga agar pembuluh darah tetap lebar. Kafein juga merangsang kelenjar adrenal untuk melepas lebih banyak kortisol dan adrenalin.

Hipertensi dapat Menyempitkan Pembuluh Darah

Kerja jantung ditentukan oleh dua hal, yaitu besarnya curah jantung dan tahanan di dalam pembuluh darah. Curah jantung pada penderita hipertensi pada umumnya normal, namun kelainan terutama terjadi pada tahanan di pembuluh darah. Karena tahanan tersebut, menyebabkan naiknya tonus-tonus otot di dalam dinding pembuluh darah tersebut. Bila hipertensi ini berlanjut, menyebabkan perubahan struktur di dalam pembuluh arteri kecil berupa aterosklerosis, karena penebalan lapisan di pembuluh darah dan proses perbanyakan sel-sel. Sehingga, lama-kelaman terjadi penyempitan lumen pembuluh darah dan kerja jantung menjadi bertambah berat. Lambat laun terjadi pembesaran bilik jantung (hipertrofi ventrikel), yang lebih lanjut dapat mengakibatkan gagal jantung.

Anjuran Konsumsi Kopi

Maka untuk mencegah hipertensi, batasi asupan kopi tidak lebih dari dua cangkir kopi sehari. Disamping itu, hindari konsumsi kafein sebelum memulai suatu aktivitas yang secara alamiah meningkatkan tekanan darah misalnya olahraga atau pekerjaan fisik yang berat.

PUSTAKA :

Djoerban, Zubairi. 2007. Tanya Jawab Kesehatan.Jakarta : Balai Penerbit FKUI

Karyadi, Elvina. 2002. INTISARI Hidup Bersama Penyakit Hipertensi, Asam Urat, dan Jantung Koroner. Jakarta : PT Gramedia

Sheps, Sheldon.ed. 2002. Mayo Clinic HIPERTENSI Mengatasi Tekanan Darah Tinggi. New York: Mayo Clinic Health Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 89,091 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya

Januari 2012
S S R K J S M
    Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Komentar Terbaru

hrd di Lowongan Nutritionist WRP Diet…
Andi Musdalifa Tenri… di Lowongan Nutritionist Euromedi…
%d blogger menyukai ini: