Ahli Gizi Online

Cegah Kontaminasi E.Coli pada Sayuran Mentah

Posted on: 27 Januari 2012

  • In: Food Safety
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cegah Kontaminasi E.Coli pada Sayuran Mentah

Maraknya kasus bakteri “Escherichia coli” (E. coli) membuat sebagian orang khawatir terhadap makanan mentah terutama yang diimpor dari Eropa dan Amerika Serikat . Karena akhir-akhir ini banyak kasus yang terjadi di negara tersebut akibat makanan yang tercemar  E Coli.

Menurut Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof.dr.Tjandra Yoga Aditama Sp.P (K), MARS, peningkatan kasus penyakit akibat E.coli yang mulai terjadi di Jerman pada pertengahan Mei 2011 dan kemudian menyebar hingga mengakibatkan 1.733 kasus penyakit dengan 17 kematian di negara itu sampai 2 Juni 2011. Dan data terakhir tanggal 10 juni, Antaranews mengabarkan korban tewas akibat bakteri ini bertambah menjadi 30 orang.

Sebenarnya seperti apakah bakteri E.Coli yang kini harus diwaspadai karena efeknya yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan mudah mengakibatkan kematian?

Bakteri “Escherichia coli” (E. coli)

Escherichia coli (E. coli) merupakan bakteri gram negatif yang dapat bertahan hidup di lingkungan dengan atau tanpa udara (anaerob fakultatif) dan, tergantung pada lingkungan, bakteri ini dapat menghasilkan struktur mirip rambut tipis (flagela atau pili) yang memungkinkan bakteri untuk bergerak dan menempel pada sel manusia. Bakteri ini biasanya tinggal di usus manusia dan hewan di seluruh dunia. Ada banyak jenis (lebih dari 700 serotipe) E. coli.

Akibat Terinfeksi E Coli

E. coli dapat menyebabkan komplikasi tambahan pada anak-anak dan usia lanjut,seperti gagal ginjal, anemia, dan dehidrasi, terutama untuk anak-anak (disebut HUS, atau sindrom Hemolytic-uremic) dan perdarahan spontan, kegagalan organ, dan mental perubahan pada usia lanjut (disebut purpura thrombocytopenic trombotik, atau TTP). Beberapa pasien mengalami cacat atau kematian.

Tjandra mengatakan ”Bakteri E.coli dapat ditemukan pada usus manusia dan binatang berdarah panas, sebagian besar strainnya tidaklah berbahaya, tetapi strain tertentu enterohaemorrhagic E. coli (EHEC) akan dapat menimbulkan penyakit berbahaya dan mematikan, seperti yang terjadi di Eropa sekarang ini”

Pencegahan Kontaminasi Bakteri E.Coli

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan lima hal bagi keamanan pangan yaitu menjaga kebersihan, memisahkan bahan mentah dengan makanan matang, memasak makanan sampai matang, menjaga makanan pada suhu aman, dan menggunakan air bersih untuk mencuci bahan pangan.

 

Sumber :

http://www.antaranews.com

http://www.medicinenet.com

http://sneh.info/wp-content/uploads/2011/03/sayur-mayur.jpg (gambar)

Blog Stats

  • 89,091 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 493 pengikut lainnya

Januari 2012
S S R K J S M
    Feb »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Komentar Terbaru

hrd di Lowongan Nutritionist WRP Diet…
Andi Musdalifa Tenri… di Lowongan Nutritionist Euromedi…
%d blogger menyukai ini: